Komodo Dragons Habitat Beserta dengan Ciri Umum yang Terlihat

komodo dragons habitat

Berbicara mengenai Indonesia pastinya tidak akan pernah habis. Indonesia yang dikenal sebagai negara kepulauan memiliki banyak destinasi pariwisata yang mempesona. Setiap destinasi pariwisata yang ada bahkan memiliki ciri-ciri tersendiri yang tidak dimiliki oleh destinasi wisata yang lainnya. Salah satunya adalah pulau Komodo. Pulau Komodo menjadi salah satu lokasi wisata yang memiliki pemandangan dan kekayaan alam lainnya yang tidak dimiliki oleh lokasi lainnya. Pulau Komodo merupakan habitat bagi kawanan Komodo yang merupakan hewan asli Indonesia. Pulau ini merupakan salah satu komodo dragons habitat selain Gili Montang, Gili Dasami dan Rinca. Meskipun begitu, pulau Komodo merupakan habitat utama yang dihuni oleh kawanan komodo hingga saat ini.

Jika kita memperhatikan komodo dragons habitat, kita akan mengetahui dengan jelas bahwa komodo menyukai tempat kering dan panas. Selama lokasi yang ditinggali bersuhu panas, komodo akan terus tinggal hingga ia mati. Komodo yang merupakan salah satu hewan karnivora, memakan daging sebagai santapan utama. Komodo bahkan mampu memakan binatang lainnya yang berukuran jauh lebih besar dari tubuh komodo itu sendiri. Sebagai informasi tambahan, komodo mampu memakan makanan hingga 80% dari berat badan komodo itu sendiri. Untuk ukuran tubuh komodo itu sendiri, komodo berkelamin jantan jauh lebih besar daripada betinanya. Ukuran pejantan mampu mencapai 8 m hingga 9 m. Sedangkan untuk komodo betina, ukuran tubuhnya hanya mampu mencapai 1,8 m saja. Untuk menjaga diri dari serangan hewan yang lainnya, komodo dianugerahi dengan kuku tajam dan ekor yang kuat. Hanya dengan ekornya, komodo mampu mengibas lawannya.

Karena merupakan hewan liar yang hampir punah, keberlangsungan hidup komodo sangat diperhatikan oleh pemerintah. Habitat komodo yang tadinya hanya di pulau Komodo, kini keberadaannya tersebar secara merata pada pulau-pulau di sekitar pulau Komodo. Sekitar 1700 komodo berhabitat di pulau Komodo, 1.300 komodo di pulau Rinca dan 2.000 komodo di pulau Flores. Kesemua komodo yang ada di komodo dragons habitat tersebut dilindungi dalam satu kesatuan di Taman Nasional Komodo. Dengan adanya habitat inilah, komodo dapat bertahan hidup hingga saat ini. Dengan begitu, wisatawan yang belum mengetahui komodo dengan jelas, dapat mengetahuinya dengan berkunjung ke habitat asli komodo tersebut. Jangan lupa untuk selalu meminta bantuan kepada pemandu saat merambah pulau Komodo tersebut. Hal tersebut dilakukan demi memastikan keamanan diri Anda sendiri.